Jumat, 21 Agustus 2015

Recovery Data

WHAT IS THE DATA?
Data adalah sekumpulan fakta yang berupa catatan baik dalam bentuk text, gambar atau video. Data berawal dari fakta-fakta yang dikumpulkan dan dari data ini dapat diolah sehingga kita bisa mendapatkan hasil atau kesimpulan dari apa yang kita kerjakan dan mendapatkan hasil dari apa yang kita kerjakan atau apa yang kita ingin ketahui. Dari situlah maka dapat dikatakan jika data sangatlah penting karena merupakan sumber dari jawaban atau hasil yang kita akan cari.

AND, WHAT IS THE RECOVERY?
Sedangkan recovery data adalah proses mengembalikan data dari kondisi yang rusak, gagal, korup, atau tidak bisa diakses ke kondisi awal yang normal.

Dalam dunia forensics data bukan hanya sebagai sumber tapi juga merupakan alat bukti yang dapt digunakan untuk mengungkap suatu kasus misalnnya dalam cyber crime. Dengan adanya data juga dapat digunakan untuk mengungkap suatu kasus dan alur suatu kejahatan yang dilakukan. Dimana dimungkinkan data berisi tentang transaksi-transaksi illegal atau nama-nama oknum yang terlibat dalam suatu kejahatan. Jika data tersebut dihapus oleh sang pelaku maka akan menyulitkan dalam proses penyidikan serta hilangnya alat bukti dan tentunya akan menyulitkan penyidik dalam pengungkapan suatu kasus kejahatan.

Untuk itu sangat penting untuk melindungi data dan tentunya mengantisipasi hilangnya data dalam dunia forensics. Dalam kesempatan ini akan di ulas tools untuk recovery data bilamana data yang di butuhkan hilang atau dihapus oleh seseorang sehingga data dapat di temukan kembali, tools tersebut antara lain:

TOKIWA adalah program untuk recovery yang berasal dari negeri sakura yang  mana software ini sangat mudah sekali digunakan walaupun oleh orang awam sekalipun. Selain mudah digunakan, keunggulan dari software ini adalah ukuran file nya yang kecil sehingga tidak membebani kapasitas media penyimpanannya. Keunggulan yang lain adalah software ini merupakan software portable yang tidak perlu di install dahulu sebelum digunakan, tinggal klik dan software ini sudah bisa langsung digunakan oleh user. Software ini juga dapat digunakan untuk merecovery file pada segala bentuk media penyimpanan seperti harddrive, flashdrive, ataupun MMC.

RECUVA adalah tools yang user-friendly berbasis windows, ketika menjalankan recuva, dapat ditemukan file yang hilang dengan menu file-recovery wizard atau the aplikation's manual mode.

UNDELETE PLUS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk komersial. Tool recovery file ini bekerja pada semua versi windows dan inkarnasi dari FAT dan NTFS file sistem.

TESTDISK adalah tools yang sangat ampuh untuk memulihkan data. tidak hanya dapat melakukan. TestDisk pemulihan seperti menghapus file secara tidak sengaja dari FAT, NTFS, dan lain-lainnya. Dengan TestDisk dapat merecover boot sektor, membangun kembali boot sektor, memperbaiki tabel FAT, memperbaiki MFT, menemukan beckup ext2/ext3 superblock, menemukan partisi yang gilang dengan format yang dapat membantu menemukan data yang hilang. serta dapat digunakan untuk sitem operasi Windows/Mac/Linux.

PHOTOREC adalah pelengkap program TestDisk. Seperti TestDisk, aplikasi ini juga tanpa sebuah GUI, tetapi juga cukup kuat untuk melakukan recovery file. Banyak pengguna lebih suka PhotoRec sebagai alternatif yang lebih aman bila dalam pemulihan disk tidak diperlukan. Secara keseluruhan, PhotoRec merupakan perangkat canggih yang cepat dan aman untuk menyalin file yang di hapus ke disk yang lain. Dapat digunakan untuk sistem operasi Windows/Mac/Linux.

Restoration berukuran kecil, tanpa tool tambahan dan merupakan portabel. Dapat menggunakannya di semua versi Windows dan Windows file systems. Restoration memiliki kemampuan untuk mengurutkan file parameter seperti ukuran dan nama file. Dapat digunakan untuk sistem operasi Windows.

GETDATADATABACK akan merecover data jika hard drive’s partition table, boot record, FAT / MFT atau direktori root hilang atau rusak, data yang telah hilang akibat serangan virus, drive yang diformat, kegagalan sistem crash, file yang hilang karena kegagalan perangkat lunak dan file yang dihapus secara tidak sengaja . Dapat digunakan untuk sistem operasi Windows.

Dibawah ini contoh recovery data menggunakan tools TOKIWA

Berikut ini adalah isi dari file yang akan kita dapatkan ketika kita download dari website TOKIWA.



Tampilan awal Software TOKIWA saat pertama dibuka seperti dibawah ini:



Proses Scan File Yang Hilang

Untuk melakukan proses recovery, maka yang pertama dilakukan adalah memilih drive mana yang akan di recovery. Setelah menentukan drive yang akan di recovery lalu klik menu scan” yang ada pada bagian kiri atas pada tampilan TOKIWA. Setelah itu proses scan akan dimulai untuk mencari file yang sudah di delete dan ingin di recovery.



Ada pilihan Deep Scan

Jika file yang dicari belum juga ditemukan akan muncul pup up message yang berisi pilihan akan melakukan scan kembali melalui metode Deep Scan dimana TOKIWA akan melakukan scan ulang dengan lebih dalam.


Dan berikut dibawah ini adalah hasil dari recovery

Setelah proses scan selesai maka akan muncul file-file yang hilang yang berhasil muncul setelah proses scan selesai.


Untuk melakukan recovery

Untuk melakukan recovery, user perlu memilih file yang akan direcovery dan klik tombol recovery. Akan keluar pop up dimana user akan diminta untuk memilih drive untuk meletakan file yang akan direcovery.




Dan file berhasil di recovery. 

Nah, seperti tersebut diatas "Recovery Data" kita coba. tidak begitu sulit bukan untuk mencobanya. Mari kita perbanyak membaca dan belajar. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Terima kasih :)


SUMBER:



0 komentar:

Copyright © 2015 Digital Forensics
| Distributed By Gooyaabi Templates