Senin, 03 Agustus 2015

INFOGRAFIS SEPUTAR CYBERCRIME


Sumber : http://www.cyber-edge.com/2015-cyberthreat-defense-report-infographic/

SURVEY DEMOGRAFI
814 orang pembuat keputusan dan praktisi keamanan teknologi infomasi. Yang berkompeten terbesar di 19 industri dan 7 negara di wilayah Amerika dan Eropa.

SERANGAN CYBER YANG TERUS MENGALAMI PENINGKATAN
Pada tahun 2013, jaringan milik 62% responden mengalami pembobolan lewat serangan cyber. Dan serangan cyber ini terus meningkat di tahun 2014 yang terbukti dengan hasil jumalah responden yang jaringannya mengalami pembobolan, yaitu sebanyak 71%.

PERKIRAAN SERANGAN CYBER DI TAHUN 2015
Lebih dari setengah responden, atau berkisar sekitar 52% responden meyakini bahwa serangan cyber yang dapat berhasil kemungkinan besar akan terjadi di tahun 2015. perkiraan ini naik sekitar 39% dari tahun sebelumnya. 24% responden merasa serangan cyber tidak terlalu berhasil di tahun 2015, dan 14% lainnya menyatakan serangan cyber akan sangat berhsil di tahun 2015 ini.

BUDGET UNTUK KEAMANAN TEKNOLOGI INFORMASI
Sekitar 62% dari responden menyatakan bahwa budget untuk memperkuat keamanan TI akan meningkat di tahun 2015. Naik  sekitar 48% dari tahun sebelumnya.
62% responden tersebut terdiri dari :

  • 36% responden menyatakan bahwa budget akan naik lebih dari 5%.
  • 26% responden menyatakan bahwa budget akan turun kurang dari 5%.
Sementara 30% responden menyatakan bahwa budget tidak mengalami perubahan, dan 8% lainnya menyatakan bahwa budget justru akan menurun.

Kaspersky Lab dan B2B  International telah merilis survey yang menemukan hasil cukup mengejutkan terkait dengan perempuan yang lebih rawan menjadi korban kejahatan cyber daripada laki-laki.

MACAM SERANGAN CYBER :
* Phissing
Sebagai contoh kasus perampokan phissing Bank Carbanak yang sangat mengejutkan karena tidak ada bedanya bagi para penjahat dunia maya ini. mereka masuk ke dalam sistem jaringan e-payment Carbanak. Berikut tanda-tanda yang bisa menjadi indikasi adanya ancaman Carbanak di jaringan Bank :

  1. Terdapat file dengan ekstensi .bin dilokasi: \All Users\%AppData%\Mozilla\ atau  c:\ProgramData\Mozilla
  2. Terdapat file svchot.exe di katalog Window\System32\com\
  3. Ditemukan service-service yang berakhiran "sys", yang menduplikasi service dengan nama sama tanpa mengandung "sys" pada deretan Windows service yang aktif.
  4. Terdapat file Paexec di katalof Windows\ yang membantu menjalankan perintah di remote machine.
*Malwere (Virus, worm, trojan)
Malwere adalah aplikasi komputer yang khusus dibuat dengan tujuan untuk mencari celah dan kelemahan softwere.


*Serangan zero-day
serangan zero-day merupakan serangan yang dilakukan untuk mengekspolitasi kelemahan dari sebuah aplikasi komputer maupun sistem operasi sebuah perangkat yang belum dibuatkan patch-nya oleh sang programer.

The Growing Cost of Cyber Crime!
Meskipun dampak kesadaran kejahatan cybercrime yang luas, serangan cybercrime terus terjadi dan sering mengakibatkan kerugian keuangan yang sangat serius. Menurut HP Panemon tahun 2012 pertumbuhan biaya cybercrime mengungkapkan bahwa serangan cyber tumbuh dua kali lipat lebih besar dan dampak kerugian keuangan hampir 40% dalam jangka waktu tiga tahun. HP Panemon, mempercayakan pemahaman yang lebih baik dari biaya kejahatan cyber yang dapat membantu mengurangi biaya organisasi yang lebih aktif untuk lebih mengidentifikasi, dan dapat mengurangi konsekuensi yang berpotensi menghancurkan serangan.
HP mengubah lanskap keamanan perusahaan dengan solusi canggih yang unik agar dapat memanfaatkan penelitian ancaman terkemuka dan korelasi pengamanan yang kuat dan kerentakan untuk memberikan kemampuan keamanan yang mencangkup operasi, aplikasi dan infrastruktur TI.

Biaya pertahun untuk organisasi
Serangan sukses per minggu

Rata-rata waktu untuk menyelesaikan serangan

Bentuk umum serangan



Sumber:
Info-komputer. (n.d.). Retrived Juli 31, 2015 from http://www.infokomputer.com/tag/cybercrime/

The-growing cost of cyber crime. (n.d.). Retrived Juli 31, 2015 from http://www.hpenterprisesecurity.com/collateral/infographics/HP_Ponemon_Infographic.pdf

Malwere-wikipedia the free encyclopedia. (n.d.). Retrieved Juli 31, 2015 from https://en.wikipedia.org/wiki/Malware

Zero-day attack-wikipedia, the free encyclopedia. (n.d.). Retrived Juli 31, 2015, from https://en.wikipedia.org/wiki/Zero-day_(computing)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Vint Ceramic Art | TITNIA & TECHNOLOGY
Explore an all 출장마사지 new “Vint Ceramic Art” project on TITNIA & TECHNOLOGY. 출장샵 Our sol.edu.kg team of sculptors and ford escape titanium artists งานออนไลน์ have created new and

Copyright © 2015 Digital Forensics
| Distributed By Gooyaabi Templates